Rahasia Kecantikan Miss Indonesia 2005: Mengkonsumsi Sarang Walet untuk Remajakan Kulit

Imelda

Miss Indonesia 2005, Imelda Fransisca, membuka rahasia bagaimana ia mempertahankan kecantikan kulitnya. Rahasianya adalah mengkonsumsi sarang walet. ‘Jujur saja, saya mengkonsumsi sarang burung walet dari kecil,’ ungkap Imelda.

Menurut Imelda, ibunyalah yang memperkenalkannya dengan sarang burung walet dan sarang burung itu diolah kembali oleh sang bunda. Ibu saya beli sarang burung yang masih mentah. Lalu, sarang itu direndam, dibersihkan, dan dicuci. Masaknya lama, bisa 5 sampai 6 Jam. Rebusannya dikasih ke saya untuk diminum. Saya biasa minum itu dari usia 4 tahun.” kata Imelda mengenang.

Menurut Istri Norman Sebastian Ini, ibunya punya dua alasan memberinya minuman semacam ini. “Ayah saya kan perokok. Jadi, Ibu saya setiap pagi memberi saya semangkuk minuman sarang burung untuk jaga kesehatan paru-paru. Ternyata, selain untuk mempercantik kulit, sarang burung juga untuk menyaring pernapasan agar bersih dari racun-racun,” kata Imelda.

Sejak rajin minum sarang burung walet, Imelda yang kulitnya sudah mulus dan halus kian merasakan khasiatnya. Dia pun menceritakan pengalaman yang sesungguhnya.

“Saya punya kulit kering sekali. Ini tidak bohong ya. Makanya kalau lupa pakai lotion, bisa kering sekali. Kalau kering, akibatnya akan mudah iritasi, gatal-gatal, ngeletek, dan pecah-pecah. Tapi, sejak saya rutin minum satu botol sehari, kulit saya terasa tidak cepat pecah-pecah, lebih lembut dan cerah,” katanya.

“Makanya, anak saya yang usianya akan tiga tahun, saya ajak juga mengkonsumsi sarang burung walet. Tapi baru setengah botol per hari. Dia bilang suka sekali, rasanya seperti Jelly.” ucap Ibunda Emiry Sebastian Ini.

Kendati demikian. Imelda tetap mengajak keluarganya untuk rajin mengkonsumsi sayuran, makanan berserat, dan air putih secukupnya. Untuk perawatan luar, saya disarankan dokter tetap memakai pelembap wajah dan lotion,” kata runner up Miss ASEAN 2005 Ini.

Sejak ribuan tahun

Khasiat sarang burung walet sudah dikenal sejak 1.000 tahun lalu di masa Dinasti Tang di China. Di masa itu, harga sarang burung walet sudah tinggi karena dijadikan hadiah atau lambang kemuliaan untuk raja. Lalu, 500 tahun lalu. Dinasti Ming memuseumkan sarang burung walet sebagai barang berharga di kerajaan.

Hasil penelitian oleh University of Taiwan mengungkapkan khasiat sarang burung. Penelitian dilakukan kepada 40 wanita, usia 30-60 tahun. Sebagian meminum produk kemasan 70 gram selama 8 minggu, sebanyak 1 botol per hari.

“20 wanita yang mengkonsumsi terlihat hasilnya, waterloss berkurang hingga kelembaban kulit pulih kembali, menghilangkan bercak-bercak dan keriput halus di wajah, mencegah proses penuaan, serta mengembalikan keremajaan kulit.

Dokter spesialis kulit, dr Nadia Yusarya-hya, menjelaskan pentingnya menjaga kadar air atau kelembaban bagi kulit sehat dan dalam, demi penampilan yang tampak lebih muda.

“Kurangnya kadar air di dalam kulit menyebabkan kekeringan di permukaannya. Hal Ini dapat berdampak ke kondisi yang lebih parah seperti penuaan dini, ujar dr Nadia.

Oleh karena itu, sangat penting menjaga kadar kandungan air untuk kelembaban kulit demi mendapatkan kulit yang sehat, terlebih di negara tropis seperti Indonesia dan dimana kondisi cuaca yang sering berubah- ubah. Selain menggunakan produk yang dapat melindungi lapisan luar kulit, perawatan dari dalam juga diperlukan supaya efek yang didapat lebih sempurna.

Sumber: bataviase.co.id

Leave a Reply

